Kasih Karunia Pemberian Allah

Eksklusif untuk kalangan Kristiani


MENGAPA MASIH BANYAK ORANG KRISTEN YG  MENOLAK KASIH KARUNIA ALLAH !?

 (pembacaan alkitab, kalangan sendiri)

(Sekelumit Sejarah Gereja) 

I. HADIRNYA KEKRISTENAN

Apakah penyebab lahirnya Kekristenan ? Tidak lain karena kematian dan kebangkitan Kristus ! ( 1 Kor 15 : 14 ) . Cuma itu ! Tidak ada yg lain ! 

Beberapa saat setelah Tuhan Yesus pulang ke sorga , pada sekitar thn 30 Masehi menurut kalender Gregorian , secara defacto , di Yerusalem ,  lahirlah Kekristenan yg oleh orang2 Yahudi dituduh  #mengacaukan_seluruh_dunia ( lihat Kisah Para Rasul 17 : 6;) ! Ia lahir di antara banyak ajaran agama  dari Timur ,termasuk Yahudiah ( agama Yahudi / Judaism ) ! 

Belum pernah ada ajaran keselamatan cuma2 dari kematian seseorang yg dihukum mati di kayu salib ! Keselamatan cuma2 itu yang menjadi masalah ! ( band dg Kisah Para Rasul 16 : 31 - 32 ).Rasul Paulus berjuang dg taruhan nyawa dlm memberitakan #Injil_kasih_karunia Allah ( Kisah para Rasul 20 : 24 ) . Bahkan rasul Paulus pun
 dikatakan #gila dengan berita Injil Kristus yg dia sampaikan ! ( Kisah Para Rasul 26 : 24 ) .  Mengapa ?  

Sebab semua ajaran agama Timur  yang ada pada waktu itu mengajarkan bahwa keselamatan hanya bisa didapat dari usaha manusia , lewat kebajikan2 hidup, ber #askese ( menjauhi duniawi supaya kudus  ) , ber #ektase ( perenungan dlm roh  ) dan sebagainya ! Anda lihat bhwa ajaran keselamatan mereka adalah sistem meritokrasi ( sistem balas jasa )  

Filsafat  Yunani pun hadir di tengah2 Kekristenan yang baru lahir itu ! Bahkan #Philo , seorang filsuf Yahudi , berusaha menyelaraskan Alkitab dg filsafat Yunani ! 

Keselamatan cuma2 dari darah Kristus yg mati di kayu salib itu , terasa janggal bagi manusia ! Serangan dari Yahudiah pun ber tubi2 ! Bukti Alkitabiah , adalah surat2 para rasul yg ditulis utk menjaga iman Kristiani yg bertumpu mutlak pada kematian dan kebangkitan Kristus ! ( band Galatia 1 : 6 - 7 dg Galatia 3 : 2 ) 
Tetapi,  apa yg terjadi sepeninggal para rasul !? Tetaplah bersama saya. 

II. SEPENINGGAL PARA RASUL

Sepeninggal para rasul , di abad ke II Masehi , serangan makin ber-tubi2 ! Yg diserang adalah perkara keselamatan cuma2 dari salib Kristus ! Macam2 cara menyerangnya ! Maka muncul lagi serangan baru dari kaum #gnostik ( hikmat tinggi ) ! 

Itulah sebabnya kita kenal nama2 seperti Basilides, Valentinus , Marcion dan Montanus ! #Montanus dg 2 ( dua ) orang nabinya ( Pricilla dan Maximilla ) mengajarkan bhw keselamatan hanya dapat diperoleh dg mengejar kekudusan hidup ! Ini tidak ada bedanya dg ajaran askese dan ektase dari agama2 Timur ! Posisi Yesus sbg Tuhan Juruselamat Penebus , bergeser menjadi hanya  sekedar "guru dan teladan berbuat baik " ! Anda juga bisa lihat bahwa ajaran keselamatan Montanus pun adalah sistem balas jasa !

Logos Yunani disamakan dg Yesus Kristus yg disebut Logos ( firman ) pada Yohanes 1 : 1  ! Logos Yunani ini mengajarkan kebaikan2 hidup menurut kehendak manusia yg bebas , untuk diselamatkan ! Lagi2 posisi Yesus sebagai Penyelamat , tergeser ! Di sinipun yg digunakan adalah sistem balas jasa !

Jemaat menjadi tidak mengerti lagi akan kemurnian  Injil Kristus , yg sudah berubah menjadi suatu Taurat yang baru ! Injil kasih karunia Allah menjadi #terlupakan ! Padahal Alkitab berkata : 

▪️Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, BUKAN BERDASARKAN PERBUATAN KITA, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karuniaNya #sendiri , yg telah dikaruniakan kepada dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman  ( 2 Timotius 1 : 9 ) ▪️

Jelas bukan bahwa tidak ada andil manusia di dalamnya! Melainkan hanya karena kasih karunia Allah #sendiri. Tetapi sejarah selalu terulang. Apakah itu? Tetaplah bersama saya. 

III. AGUSTINUS VS PELAGIUS

Baru pada awal abad ke V, #Agustinus , Bapak Gereja sepanjang abad , mengembalikan Injil Kristus ttg kasih karunia Allah , yg lewat salib Kristus , menyelamatkan manusia dg cuma2 ! Tetapi #Pelagius menolak ajaran Agustinus ! Menurut Pelagius , keselamatan itu diperoleh manusia yg berkehendak bebas , lewat perbuatan2 baik !  Jadi ajaran Pelagius juga bercorak sistem balas jasa ! 

Gerejapun bersidang ! Pada konsili di Carthago ( 418 ) dan Efesus ( 431 ) , ajaran Pelagius dinyatakan #sesat ! Namun pengikut2 Pelagius tetap pada pendirian mereka !

Kira2 seabad kemudian , lahir ajaran semi pelagian ,  yang berusaha memperbaiki ajaran Pelagius ! Inilah  embrio dari #sinergisme , yakni kerja sama antara Allah dan manusia , bhwa keselamatan adalah karya Allah + karya manusia ( salib Kristus + usaha manusia lewat perbuatan2 baik ). Anda lihat , di sinipun masih bercorak sistem balas jasa , sebab mengandung unsur usaha manusia !

Maka  pada konsili sinode Oranye di Galilea thn 529 M , ajaran ini ditolak secara resmi ! Namun pengikut ajaran sinergisme tetap juga ada ! Mengapa begitu? Tetaplah bersama saya. 

IV. GOMARUS VS ARMINIUS 

Kita lewati masa Martin Luther , bapak reformator gereja ,  Zwingli dan Jhon Calvin ,  dengan motto mereka sola Sripture ( hanya Alkitab )  , sola fide ( hanya oleh iman )  , sola gratia  ( hanya oleh kasih karunia ) , solus Christus ( hanya Kristus ) dan soli Deo gloria ( kemuliaan hanya utk Allah )  ! Kita masuk awal abad XVII di Belanda ! 

Jacobus Arminius, berselisih paham dg Fransiscus Gomarus masalah keselamatan  ! Menurut Gomarus , pengikut Jhon Calvin ,  keselamatan itu karya Allah semata ( monergism ) ! Menurut Arminius ( yg tadinya juga pengikut John Calvin ) ,  keselamatan itu haruslah direspon oleh manusia sbg suatu kerja sama ,   barulah  efektif ( sinergism ) . Anda lihat , sistem balas jasa muncul lagi ! 

Jacobus Arminius sudah mati ketika diadakan sidang sinode di Dordrecht , thn 1618 yg dihadiri oleh utusan2 kedua belah pihak , dari Belanda sendiri , Inggris ,  Palts , Bremen , Emden , Hessen , Swiss dan Jenewa !

Orang2 Arminius dipimpin oleh Episcopius sebagai pengganti Arminius  dan sidang dipimpin oleh John Bogerman ! Hasilnya ? Ajaran Arminius ditolak secara resmi ! Keselamatan adalah karya Allah semata , dari awal hingga akhir ! Tidak ada andil manusia di dlmnya ! Namun demikian , banyak juga orang yg menerima ajaran Arminius ini, bahkan sampai hari ini ! 

Inilah cikal bakal 2 ( dua ) ajaran keselamatan Kristiani yang ada sampai #sekarang  ini ! Monergism dan sinergism ! Monergism , percaya bhw keselamatan adalah karya Allah se-mata2 ! Sinergism , berkeyakinan ada kerja sama antara Allah dan manusia ! Timbul pertanyaan :

▪️Bagaimana mungkin manusia mati bisa bekerja sama dengan Allah ? Bukankah dahulu, sebelum diselamatkan Kristus, manusia adalah mati? ( Efesus 2: 1 ) ▪️

Jadi, apakah kasih karunia itu? 
Tetaplah bersama saya. 

V. DEKLARASI BERSAMA 

▪️Kasih karunia adalah pemberian Allah secara cuma2 berdasarkan kasihNya, yang sebenarnya tidak pantas diberikan kepada kita karena keberdosaan dan kita pun sesungguhnya tidak layak untuk menerimanya ▪️

 Atas kehendak Allah , pada tgl 31 Oktober 1999 , di Ausburg ,  ditandatanganilah suatu deklarasi bersama  antara Gereja Katholik Roma , dengan Gereja Protestan yg diwakili oleh LWF dan Reformed . Deklarasi bersama itu disebut The Joint Declaration on the Doctrine of Justification by faith ( Deklarasi bersama tentang Doktrin Pembenaran oleh iman ) ; disingkat the JDDJ ! 

Bagian ketiga dari the JDDJ tersebut berbunyi :

" TOGETHER WE CONFESS : BY GRACE ALONE , IN FAITH IN CHRIST'S SAVING WORK , AND NOT BECAUSE OF OUR MERIT ON OUR PART , WE ARE ACCEPTED BY GOD AND RECEIVE HOLY SPIRIT WHO RENEWS OUR HEARTS WHILE EQUIPPING AND CALLING US TO GOOD WORKS . " 

Dari deklarasi tersebut di atas , nampak jelas bahwa perbuatan2 baik adalah pekerjaan Roh Kudus bagi orang2 yang sudah diselamatkan oleh iman pada karya penyelamatan Kristus saja ( #by_grace_alone ) ! 

Jadi deklarasi tersebut condong ke monergeism , bhw keselamatan itu karya Allah semata ! Tidak ada sistem balas jasa ! The good works follow the faith , as its fruits ! Perbuatan2 baik mengikuti iman keselamatan , sebagai buah2 dari iman itu , dan bukan #sebagai_penentu_keselamatan. Cuma sebagai buah2nya? 

VI. KONKLUSI 

Dari sekelumit sejarah gereja di atas , anda dapat melihat adanya  pengaruh  pada Injil Kasih Karunia Allah sepanjang sejarah Kekristenan , yakni  : 

(1) . Pengaruh ajaran kerohanian yg  lain pada waktu Kekristenan hadir ! Keselamatan diperoleh dari iman kepada Tuhan ditambah dg usaha manusia lewat kebajikan2 hidup , beraskese , berektase dsb . Dlm arti sistem balas jasa ! Posisi Yesus bergeser , dari Juruselamat Tuhan Penebus,  menjadi sekedar guru teladan berbuat baik! 

(2) . Filsafat2 dunia ! Termasuk gnostik dan logos Yunani ! Keselamatan diperoleh dari iman pada Tuhan ditambah kebajikan2 hidup , beraskese , berektase dsb termasuk menggali hikmat yg tinggi ( gnostik ) . Juga sistem balas jasa ! Di sini pun posisi Yesus bergeser  menjadi guru teladan etika dan moral, sehingga posisiNya sebagai Juruselamat Tuhan Penebus menjadi kabur! 

Pertanyaannya adalah :" Apakah kedua pengaruh tersebut di atas yang menjadi penyebab utama orang tidak sepenuhnya percaya,  bahwa hanya kasih karunia Allah melalui penebusan dlm Yesus Kristus yg telah membenarkan orang berdosa dg #cuma2 ?"  ( Roma 3 : 23 - 24 )

Orang lebih suka yg masuk akal ! Sistem balas jasa lebih masuk akal ! Untuk dapat upah harus bekerja ! Utk dapat penghargaan harus berkarya ! Untuk dapat promosi harus punya prestasi ! Mau sukses harus berusaha ! Semua itu tidak salah ! Benar semua adanya ! Rasional ! 

Tetapi kasih karunia Allah tidak mengenal sistem balas jasa ! Se mata2 murni pemberian Allah ! Bagi pemikiran dunia , mungkin juga bagi sinergisme ,  pemberian cuma2 ini suatu kebodohan ! ( lihat 1 Kor 1 : 8 ) 

Sebab menurut sinergisme ,  perbuatan2 baik harus dinilai sebagai suatu jasa utk diganjari Allah dg keselamatan ! Apakah batasan kasih karunia seperti itu ? Supaya lebih jelas , #batasan dari  ungkapan "kasih karunia" , saya ambilkan dari terjemahan LAI - BIS , sbb. 

" IA MEMILIH MEREKA BERDASARKAN RAHMATNYA DAN BUKAN BERDASARKAN PERBUATAN MEREKA.  SEBAB KALAU PILIHAN ALLAH ITU BERDASARKAN PERBUATAN MANUSIA , MAKA RAHMAT ALLAH ITU BUKAN LAGI RAHMAT YANG SEJATI ." ( ROMA 11 : 6 )

Artinya jika di dalam kasih karunia Allah masih terdapat andil manusia,  itu namanya bukan kasih karunia! Dengan  perkataan yg tegas, itu sama saja dengan menghina karya penyelamatan Kristus , yang ber-darah2 di kayu salib. ( bandingkan dg Ibrani 10 : 29 ) 

Semoga bermanfaat ! Selamat beraktifitas ! Tuhan Yesus memberkati kita ! Amin ! (Yordan. E Pardamean )

Postingan populer dari blog ini

BAMAG Gresik Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Kerukunan Umat Beragama

Teguran Yang Membangun

Ketuhanan Yesus sama sekali bukan hasil dari pemaksaan kaisar