Kasih Karunia dibalik Paham Universalisme Kristen

Oleh : Yordan Sihombing

Eksklusif untuk Kalangan Kristiani
                      (semua karena kasih karunia Allah)

I. DESKRIPSI UNIVERSALISME

Universalisme Kristen adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa keselamatan datang dari kasih karunia Allah , lewat Yesus Kristus , di mana seluruh manusia akan diselamatkan ,dan tidak ada seorangpun yg akan dihukum ,  tidak perduli apakah mereka mengenal dan menerima Kristus atau tidak ! 
   
Berkaitan dengan itu , anda bisa saja  tertipu , jika ada  orang yang mengatakan kepada anda bahwa Allah bertanggung-jawab atas keselamatan seluruh umat manusia ! Tidak penting apakah ia percaya pada Yesus Kristus atau tidak ! 

Pernyataan seperti itu  bertentangan dengan pernyataan Alkitab ! Memang manusia diciptakan oleh Allah ; namun Ia mempunyai tujuan, yaitu se-mata2 untuk kemuliaanNya ! Ketika manusia tidak taat dan jatuh ke dalam dosa , kemuliaan Allah dihinakan ! Semua manusia jatuh dlm keadaan berdosa , termasuk bayi yang tidak tahu apa2 sekalipun ! ( lihat Mazmur 51 : 7 ). Hilanglah persekutuan dengan Allah ! Dan keadilan Allah harus ditegakkan ! Dosa harus dihukum !

Allah memang berkewajiban dan bertanggung-jawab atas keselamatan manusia yg diciptakanNya itu , apabila #keberdosaan manusia itu adalah akibat perbuatan Allah ! Namun , kita semua tahu bahwa keberdosaan manusia itu adalah akibat #kesalahan manusia itu sendiri dan sama sekali bukan akibat dari kesalahan Allah ! 

Jadi , mengapa Allah sebagai Raja atas alam semesta ini harus bertanggung-jawab atas perbuatan salah dari manusia tersebut !? Bahkan untuk kesalahan yang diperbuat manusia , Allah telah berfirman sebelumnya , bahwa alih2 keselamatan , upah dosa adalah maut atau kematian ! (.Kejadian 2 : 17 band dg Roma 6 : 23 ). 

Maka dari itu , berdasarkan keadilan Allah ( justice of God ) tidak seorangpun manusia diselamatkan ! Semua harus dihukum karena dosa mereka sendiri ! Alih2 Allah menyelamatkan mereka , semua manusia tanpa terkecuali harus binasa ! 

Universalisme memberi porsi yang #terlalu_besar pada natur kasih Allah dengan #mengabaikan keadilanNya !  Betul Allah itu kasih adanya ! Namun memberi porsi yg lebih besar pada natur kasihNya dg mengurangi porsi dari natur keadilanNya , adalah keliru ! Pendek kata , sekali lagi , demi keadilanNya , seharusnya manusia menerima hukuman atas keberdosaannya , sebab hukum harus ditegakkan  !

Namun menurut universalisme Kristen , hukuman Allah itu bertentangan dengan kasih Allah ! Apapun dan bagaimanapun anda , pasti akan diselamatkan , meskipun anda sama sekali tidak mempercayai Yesus Kristus ! Sebab kata mereka , misi penyelamatan Kristus itu ada di mana2, bukan saja dalam Kekristenan , tetapi juga  di luar Kekristenan ! 
                  (pembacaan alkitab untuk kalangan sendiri)


II. KASIH KARUNIA DALAM 
    UNIVERSALISME 

Dari sisi pandangan universalisme , anugerah atau kasih karunia Allah lewat Yesus Kristus , diperuntukkan untuk seluruh umat manusia , tidak perduli apakah dia percaya atau tidak pada Yesus Kristus ! 

Oleh karena itu , terhadap orang Kristen sejati yang benar2 percaya pada karya penyelamatan Kristus , sebagai satu2nya jalan keselamatan,    universalisme memandang dg sebelah mata sambil berkata :" Kalian harus toleran ! Jangan terlalu mem-besar2kan kasih karunia Allah melalui Yesus Kristus , se-akan2 kasih karunia itu hanya menjadi milik orang Kristen saja ! Anugerah atau kasih karunia itu , diberikan kepada setiap orang tanpa memandang apa yang diyakini dan dipercayainya !" 

Hal ini mirip dg ajaran Origenes ( 185 - 254 ) yang disebut neo platonisme , campuran antara Alkitab dengan filsafat Plato ! Menurut ajaran ini , pada akhirnya segala mahkuk tidak dapat binasa untuk se-lama2nya alias diselamatkan !  Segala sesuatu akhirnya akan kembali kepada Allah ! Inilah yg disebut sbg ajaran "kebangkitan segala yang ada" ! Tidak ada penghukuman kekal ! Tetapi tahukah anda bahwa  hal2 seperti itu bertentangan dg Alkitab !? 

III. KASIH KARUNIA DALAM 
     ALKITAB 

Seperti telah dijelaskan di atas ,bahwa oleh keberdosaan, atas nama keadilan Allah , seluruh manusia jatuh di bawah penghukuman Allah ! Akan tetapi Allah yang kaya rahmat menaruh belas-kasihan( mercy) kepada manusia ! Alkitab mencatat : 

" KARENA  BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN  DUNIA INI , SEHINGGA IA TELAH  MENGARUNIAKAN ANAKNYA YANG TUNGGAL , SUPAYA SETIAP ORANG  YANG #PERCAYA_KEPADANYA TIDAK BINASA , MELAINKAN BEROLEH HIDUP YANG KEKAL ( YOHANES 3 : 16 ) 

Apa yang anda tangkap dari pernyataan Alkitab di atas ? Allah mengutus anakNya yg tunggal untuk tugas penyelamatan ! ( band Yohanes 10 : 17 - 18 ) . Apakah itu dilakukanNya karena kewajiban dan tanggung-jawabNya ? Sama sekali bukan ! 

Dengan jelas Alkitab menyatakan bahwa itu dilakukan Allah se-mata2 karena belas kasihanNya ! Se-mata2 karena kasihNya ! Suatu tindakan belas kasihan kepada orang yang seharusnya di hukum mati , untuk tidak jadi menerima hukuman mati , itu bukan suatu kewajiban dan bukan pula suatu tanggung jawab !  Itu lebih bersifat pengampunan tanpa syarat ! 

Allah sama sekali tidak berhutang keselamatan kepada siapapun ! Sungguh tidak berhutang keselamatan kepada siapapun ! Ia memberikan keselamatan berdasarkan kasihNya ! Itupun #hanya kepada mereka yang mau percaya pada karya penyelamatan Kristus di kayu salib ! Perhatikan ucapan rasul Paulus utk orang2 yang sudah percaya  di bawah ini :

 "AKAN TETAPI ALLAH MENUNJUKKAN KASIHNYA KEPADA KITA , OLEH KARENA KRISTUS TELAH MATI UNTUK KITA , KETIKA KITA MASIH BERDOSA ." ( ROMA 5 : 8 ) 

Cermati teks di atas ! Apakah teks ditujukan kepada seluruh umat manusia secara universal !? Tidak sama sekali ! Teks itu ditujukan secara parsial , kepada orang2 percaya yang sudah menerima Kristus selaku Tuhan dan Juruselamat , yaitu jemaat Kristen di kota Roma ! Apakah dasarnya ? Tanggung jawab Allah ? Bukan ! Dasarnya adalah kasih ! 

"KARENA KASIH KARUNIA KAMU DISELAMATKAN OLEH IMAN ..." ( EFESUS 2 : 8 ) 

Apakah teks di atas ditujukan kepada semua orang , baik orang percaya maupun bukan orang percaya !?  Jika jawabannya adalah :" Iya !" , maka paham universalisme adalah benar dan Alkitabiah ! Akan tetapi , sekali lagi , teks ini #bersifat_parsial ,  bukan universal ; hanya ditujukan untuk orang2 percaya , yakni jemaat Kristen di Efesus !  

" SEMUANYA INI KUTULISKAN KEPADA KAMU , SUPAYA KAMU YANG PERCAYA KEPADA NAMA ANAK ALLAH , #TAHU , BAHWA KAMU MEMILIKI HIDUP YANG KEKAL ." ( 1 YOH. 5 : 13 ) 

Bukankah teks di atas juga khusus bagi orang2 percaya yang telah menerima Kristus ? Bagaimana mungkin membuat teks ini menjadi universal !? Hebatnya , di situ ditekankan bahwa orang percaya #harus tahu bahwa ia sudah diselamatkan ! Tetapi aneh dan ironis , banyak orang Kristen yang masih ragu2 terhadap keselamatannya , sementara penganut universalisme yang tidak percaya kepada Yesus , percaya bahwa mereka juga pasti  akan diselamatkan ! Padahal Yesus berkata kepada orang yang tidak percaya :

" KARENA ITU TADI AKU BERKATA KEPADAMU , BAHWA KAMU AKAN MATI DALAM DOSAMU , SEBAB JIKALAU KAMU TIDAK PERCAYA BAHWA AKULAH DIA , KAMU AKAN MATI DALAM DOSAMU ." ( YOHANES 8 : 24 ) 

Teks di atas ditujukan khusus kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus Kristus selaku Tuhan dan Juruselamat ! Kontras bukan dengan kata2nya untuk orang2 yang percaya !? 

IV. PROPOSISI

Tidak ada teks Alkitab yang menyatakan bahwa keselamatan manusia adalah kewajiban dan tanggung jawab Allah , selain hanya karena  kemurahanNya di dalam kasihNya yang tak bersyarat ! 

Universalisme tidak Alkitabiah , sebab dg mengatakan bahwa semua orang akan diselamatkan sekalipun menolak Kristus , sama dengan menghina kekudusan dan keadilan Allah serta tidak memerlukan karya penebusan Kristus !  Mengatakan bahwa Allah bertanggung jawab atas keselamatan manusia yang berdosa , sama dg menuduh Allah menjadi penyebab dosa !  

Perhatikan teks Alkitab untuk  orang2 percaya di Efesus pasal 2 ini :
"KAMU DAHULU SUDAH MATI KARENA PELANGGARAN2 DAN DOSA2MU . ( ayat 1 )

" TETAPI ALLAH YANG KAYA DENGAN RAHMAT , OLEH KASIH NYA YANG BESAR YG DILIMPAHKAN KEPADA KITA , TELAH MENGHIDUPKAN KITA BER-SAMA2 DENGAN KRISTUS, SEKALIPUN KITA TELAH MATI OLEH KESALAHAN2 KITA - OLEH KASIH KARUNIA KAMU DISELAMATKAN -" (ayat 4 - 5 )

Kristus telah menanggung hukuman atas keberdosaan kita di kayu salib , supaya keadilan Allah ditegakkan bahwa upah dosa adalah maut !  ( 2 Korintus 5 : 21 ) Jadi di sini  , kasih Allah berjalan paralel dengan keadilanNya ! Olehnya kita semua yang percaya beroleh keselamatan, se-mata2 berdasarkan belas kasihanNya ! 

Selamat Hari Minggu ! Selamat beraktifitas ! JANGAN TERPERANGKAP PADA AJARAN UNIVERSALISME  ! Bukankah Tuhan Yesus sendiri yang sudah berkata  bahwa ORANG YANG TIDAK PERCAYA SUDAH BERADA DI BAWAH HUKUMAN?? ( Yohanes 3 : 18 ) .Tuhan Yesus memberkati kita semua yang percaya ! Amin !

Postingan populer dari blog ini

BAMAG Gresik Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Kerukunan Umat Beragama

Teguran Yang Membangun

Ketuhanan Yesus sama sekali bukan hasil dari pemaksaan kaisar