Karunia dan Talenta dasar Melanyani Tuhan

Pelayanan akan lebih baik jika tahu karunianya. Ketahuilah karunia karunia pemberian Tuhan. Karena dengan mengetahui karunia akan terasa dasyat an ada kuasa. Orang melayani tidak sekadar atau cari yang gampang.

Karunia itu diberikan kepada setiap orang percaya sesuai kehendak Allah. Karunia rohani/ Roh adalah kemampuan ilahi yang diberikan Allah kepada orang percaya, dengan tujuan membangun tubuh Kristus atau gerejaNya, bukan untuk kepentingan pribadi. 

Bakat/talenta dapat dipakai Tuhan untuk mrlayani dalam konteks membangun gereja Tuhan. Bakat/talenta yang dipersembahkan menjadi karunia untuk pelayanan pembangunan tubuh Kristus diperlengkapi Tuhan dengan kemampuan dan kuasa ilahi dalam pelayanannya kepada Tuhan.

Bakat dan Talenta, bisa dipakai untuk melayani Tuhan. Dan ketika kita diberi karunia semakin memperkuat untuk melayani, ;

1.Karunia ADMINISTRASI
Kemampuan  untuk  melakukan pengorganisasian/manajeinen suatu pekerjaan dan membimbing orang lainnya untuk mencapai misi Kristus (1 Kor 12:28).

2.Karunia SENI/KREATIFITAS 
Kemampuan untuk memajukan Kerajaan Allah melalui seni dan kreatifitas seperti seni musik, drama, melukis, mengarang, memahat, dan kegiatan-kegiatan seni lainnya (Keluaran 35:31).

3.Karunia HIKMAT 
Kemampuan untuk membedakan antara kebenaran dan kesalahan, dan untuk mengetahui apakah seseorang atau suatu tindakan berasal dari Allah atau bukan (1 Korintus 12:10).

4.Karunia MEMBERI KEKUATAN
Kemampuan untuk mendorong dan memotivasi orang lain melalui kata-kata yang menguatkan agar mereka secara praktis dapat hidup sebagai orang-orang Kristen (Roma 12:8).

5.Karunia MENGABARKAN INJIL
Memiliki beban dan kemampuan untuk menyajikan Injil kepada orang-orang yang belum percaya dalam cara yang jelas dan mudah dimengerti (Efesus 4:11).

6.Karunia IMAN
Kemampuan untuk memimpikan/melihat visi apa yang Allah inginkan terjadi dan kemampuan untuk memastikan melakukannya sebagai jawaban doa walaupun tidak ada bukti yang nyata (1 Korintus 12:10).

7.Karunia MEMBERI
Kemampuan untuk mendukung pekerjaan Tuhan secara materi secara terus-menerus, tepat pada waktunya, dan dilakukan dengan sukacita (Roma 12:8).

8.Karunia MEMBERI TUMPANGAN
Kemampuan untuk menerima dan melayani para tamu atau orang-orang asing dengan penuh kasih-karunia (Roma 12:13).

9.Karunia BERDOA SYAFAAT
Kemampuan untuk berdoa dengan penuh beban bagi orang-orang lain dan dapat mengenali jawaban Tuhan atas doa-doa tersebut (Kolose 1:9-10).

10.Karunia KEPEMIMPINAN

Kemampuan untuk memimpin para anggota sebuah kelompok dengan penuh perhatian dan memiliki pandangan ke depan dan mampu mengarahkan mereka ke suatu sasaran tertentu (Roma 12:8).

11.Karunia KEMURAH-HATIAN
Kemampuan untuk bersimpati dengan orang-orang yang sedang terluka hatinya, lalu dapat melakukan perbuatan-perbuatan ceriah dalam melayani mereka (Roma 12:8).

12.Karunia BERNUBUAT
Kemampuan untuk mengabarkan dan menerapkan kebenaran Firman Allah sehingga para pendengarnya dikuatkan dan dihiburkan, dan orang-orang yang belum percaya dapat diyakinkan olehnya (1 Korintus 12:10,28).

13.Karunia PELAYANAN
Kemampuan untuk membantu orang-orang lain dalam pelayanan mereka, dengan jalan membantu hal-hal praktis seperti: mengangkat bangku, mengemudi mobil, menata rambut/merias wajah, mengecat tembok, memasak, dan menyediakan konsumsi, dan lain-lain (Roma 12:7).

14.Karunia PENGGEMBALAAN
Kemampuan untuk mengawasi kehidupan rohani orang-orang lain dan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan rohani mereka melalui pengajaran dan pembimbingan kepada kedewasaan rohani (Efesus 4:11).

15.Karunia MENGAJAR
Kemampuan untuk mengkomunikasikan pengetahuan kepada orang-orang lain untuk tujuan pertumbuhan rohani (Efesus 4:11).





Postingan populer dari blog ini

BAMAG Gresik Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Kerukunan Umat Beragama

Teguran Yang Membangun

Ketuhanan Yesus sama sekali bukan hasil dari pemaksaan kaisar