Tuhan Selalu Menyertai

Tuhan selalu menyertai umatnya dimanapun, dan apapun yang terjadi. Tetapi yang sering mengingkari kehadiran penyertaan Tuhan, umatnya sendiri yang merasa bahwa Tuhan Tidak hadir.

Utamanya ketika umat itu melewati masa masa sulit, akan berkata ,"Tuhan tidak ada, Tuhan tidak hadir,". Ya, lumrah ungkapan itu keluar dari hati pikiran manusia karena posisi dalam sulit.

Hal yang sama sebagai bukti nyata bangsa israel selalu mengingkari kehadiran Allah saat melewati perjalanan padang gurun. "Mereka bersungut sungut dan selalu merssa tidak pernah ada Allah menyertai mereka, walaupun secara fakta saat Musa berdoa Tuham menjawab memberikan makanan, menerangi perjalanan dimalamhari, dan melindungi disiang hari, dan bisa melewati laut teberau,"

Semua karena bangsa israel tidak percaya yang berujung mereka berputar putar di padang gurun sehingga tidak masuk ke tanah perjanjian, dan tidak menerima berkat kecuali kaleb.

Yesaya 43:1-5 (TB)
1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. 
2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau. 
3 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu. 
4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu. 
5 Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur, dan Aku akan menghimpun engkau dari barat. 

Tuhan terasa jauh ketika kita menghadapi suatu masalah.Allah memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. 

Dalam menjalani kehidupan ini, kita seperti sedang berada di padang gurun. Tetapi jangan sampai melupakan semua kebaikan Tuhan yang pernah kita alami. 

Contoh ;
Pengalaman bangsa Israel menjadi bukti nyata betapa sempurnanya penyertaan Allah terhadap mereka.

Allah memperhatikan perjalananmu dipadang gurun, Allah menjaga dan memelihara dan memberkati.

Semua terjadi karena ketidakpercayaan bangsa israel  kepada Allah. Allah membawa mereka berputar-putar di padang gurun sampai generasi pertama mereka hilang kecuali Yosua dan Kaleb.

Allah mengubah :
Firman;
Roma 8:26-28 (TB)  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


Tuhan memberi pengharapan dan Kekuatan

Yesaya 40: 29
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kau berlimpah-limpah dalam pengharapan. –

Mazmur 62: 8
TUHAN kiranya memberikan kekuatan kepada umat-Nya, TUHAN kiranya memberkati umat-Nya dengan sejahtera!

Mazmur 29: 11
TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya. –





Postingan populer dari blog ini

BAMAG Gresik Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Kerukunan Umat Beragama

Teguran Yang Membangun

Ketuhanan Yesus sama sekali bukan hasil dari pemaksaan kaisar