Karunia Keselamatan Hendaknya Bertumbuh dan Berbuah

Sebuah pohon atau tanaman selalu kita ukur dari awal menanam hingga berbuah. Misalnya ketika kita menanam hingga hingga menunggu waktu untuk berbuah tentu memerlukan waktu dan proses pertumbuhan.

Demikian dengan usia kita menjadi umat Kristen semestinya bisa menjadi tolak ukur kedewasaan iman dalam Kristus Yesus. Karena dengan lamanya kita menjadi Kristen pemahaman dan pengetahuan kita akan kebenaran menambah iman percaya kita.


Dalam kebenaran firman Tuhan, selalu memberi wejangan agar kita bertumbuh. Bahkan berakar untuk menjadi kuat.

Kolose 2:6-7 (TB)
6 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. 
7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.


Yohanes 1 : 1 - 3 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

II Korintus  11:10 Demi KEBENARAN KRISTUS di dalam diriku, aku tegaskan, bahwa kemegahanku itu tidak akan dirintangi oleh siapa pun di daerah-daerah Akhaya.

Fungsi dari akar secara alegoris didalam kerohanian adalah :

1. Akar memberikan pohon kekuatan, menjadikan kokoh, untuk tegak berdiri (kestabilan) sehingga tidak mudah goyah ataupun roboh

2. Akar memberikan makanan/ vitamin kepada pohon (batang, carang, daun) untuk menghasilkan buah.

3. Akar memberikan pohon kapasitas untuk menghasilkan buah (reproduksi)

Jadi sebagai orang yang sudah menerima karunia keselamatan dari Tuhan,maka kita harus berbuah dan bertumbuh sambil mengerjakan keselamatan itu untuk melaksanakan AMANAT AGUNG yaitu membawa jiwa jiwa yang terhilang kepada Kristus.

Kita adalah kawan sekerja Kristus dan berakar serta bertumbuh di dalam Kristus adalah suatu proses seumur hidup. Hidup kita harus ditanam di tanah yang baik dan subur, supaya kita bisa berakar dan bertumbuh.

I Korintus  3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Alkitab mengajarkan kita bahwa untuk bertumbuh itulah proses hidup, namun kita juga harus berusaha melakukan bagian kita. Tuhan mau memakai hidup kita untuk memanifestasikan kemuliaan-Nya. Itu sebabnya kita harus TEKUN di dalam IMAN , Jangan pasif, kita harus AKTIF. Jika Tuhan sudah memulai segala sesuatu dalam hidup kita, maka kita juga harus melangkah. Jika kita melangkah, maka Tuhan akan bekerja lebih dari apa yang kita doakan dan pikirkan.

Filipi  1 : 6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Berakar dalam Kristus berarti juga bertekun di dalam iman, tetap teguh, tidak bergoncang, dan Jangan mau digeser dari pengharapan Injil, itulah yang harus menjadi sikap dan kehendak kita, bahwa kita mau tetap TEGUH dan KUAT di dalam Tuhan ! 

Kita senantiasa harus tetap teguh dan tidak bergoncang,kita bukan lagi anak-anak yang mudah diombang ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, permainan palsu dan kelicikan yang menyesatkan.

Efesus 4 : 11 - 16 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, -- yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih. 

Kalau kita sudah berakar dalam Kristus maka kita pasti akan diperlengkapi oleh-Nya untuk berdiri dengan teguh melaksanakan visi dan misi kita demi kemuliaan Tuhan.

1 Korintus 15 : 58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan ! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Berakar di dalam Tuhan Yesus adalah proses pertumbuhan, dimana Tuhan sedang membawa kita naik ke level yang lebih tinggi. Apapun proses kita harus tetap melangkah karena Tuhan sedang mengubahkan dan memperbaharui hidup kita dari kemuliaan kepada kemuliaan yang semakin besar. Meskipun dalam proses kita mengalami ujian-ujian iman dan penderitaan tetapi  kita harus tetap setia.

II Korintus  4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Kita di bawa oleh Tuhan dalam proses supaya kita dibentuk dan diubahkan sehingga tidak ada hal yang menghambat dalam persekutuan kita dengan Tuhan.

Roma  1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak DARI IMAN MEMIMPIN KEPADA IMAN , seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

Dari iman memimpin kepada iman berarti iman yang bertumbuh menghasilkan kedewasaan didalam iman kita,karena iman yang sejati itu dinamis selalu akan aktif bertumbuh. 

Untuk bisa berakar dan bertumbuh jangan ada penghalang atau penghambat pertumbuhan iman kita apakah hobi, kesenangan pribadi, orang lain, atau apapun Jangan menghabiskan waktu kita bergaul dengan orang-orang yang tidak benar dan menyesatkan kita.

Sebaliknya kita harus bergaul dengan orang yang mengajarkan dan menegur kita secara rohani, jangan mudah tersinggung,sebaliknya kita harus terbuka untuk mendengarkan nasehat rohani, karena hal itu akan menolong kita untuk hidup dalam kebenaran, daripada pujian yang terkadang menjatuhkan kita.

Amsal 6:23 Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan

Jangan mengikuti pemimpin yang salah dan menyesatkan, kita harus peka untuk membedakan roh dan ajaran yang benar. Kita harus sadar bahwa pemimpin rohani kita haruslah orang-orang yang dewasa secara rohani, dan bertanggung jawab mengajarkan firman Tuhan kepada kita secara benar dalam urapan Roh Kudus.

Carilah perkara diatas, pikirkanlah perkara yang diatas bukan yang di bumi, karena hidup kita di dalam Kristus, karena itu matikan dalam diri kita segala sesuatu yang duniawi, jangan tamak dan pelit untuk Tuhan dan gereja-Nya. 

Kita senantiasa harus semakin berakar kuat, bertumbuh, dan semakin menghasilkan buah. Amin !

Postingan populer dari blog ini

BAMAG Gresik Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Kerukunan Umat Beragama

Teguran Yang Membangun

Ketuhanan Yesus sama sekali bukan hasil dari pemaksaan kaisar