Allah Selalu menguatkan Iman Orang Percaya

Landasan Firman  :Daniel 6:26-28 (TB)
26 (6-27) Bersama ini kuberikan perintah, bahwa di seluruh kerajaan yang kukuasai orang harus takut dan gentar kepada Allahnya Daniel, sebab Dialah Allah yang hidup, yang kekal untuk selama-lamanya; pemerintahan-Nya tidak akan binasa dan kekuasaan-Nya tidak akan berakhir. 27 (6-28) Dia melepaskan dan menolong, dan mengadakan tanda dan mujizat di langit dan di bumi, Dia yang telah melepaskan Daniel dari cengkaman singa-singa."28 (6-29) Dan Daniel ini mempunyai kedudukan tinggi pada zaman pemerintahan Darius dan pada zaman pemerintahan Koresh, orang Persia itu.
Peristiwa gua singa hal yang tidak asing bagi kita semua. Daniel dimasukkan ke tempat tersebut oleh raja karena korban fitnah yang dirancang orang orang yang tidak suka dengan Daniel karena menyembah Allah yang hidup.

Secara kehidupan nyata  maksud dan arti kata "Singa" ;? Lebih kepada peristiwa kehidupan yakni sebuah permasalahan ,persoalan, penyakit dan lain sebagainya yang membawa kita kepada kesulitan.
Kemenangan Daniel karena Allah. Kerjaan Allah tidak pernah mengalami kekalahan tetapi tetap sampai sekarang karena kita juga memiliki Allah yang sama.

Peristiwa gua singa, usia Daniel saat itu lebih kurang 83 tahun. Ini menunjukan bahwa Daniel selalu di ganggu karena dia selalu setia kepada Allah yang juga Allah yang kita sembah.

Saat Daniel dijebloskan ke gua singa sebenarnya dia tidak memiliki kesalahan. Daniel  saat itu selalu setia mengadakan hal yang biasa yaitu berdoa kepada Allah Tiga kali sehari. Artinya dia tidak melakukan politik atau kesalahan tapi dibalik kebaikan yang dilakukan ada saja orang yang dengki, irihati, benci. 

Tapi Disinilah kita melihat pertolongan Allah.  DIA selalu menyelamatkan Daniel walaupun dimaksukan ketempat yang berbahaya tetapi pertolongan Allah tidak pernah terlambat  dan selalu ada untuk kita.

"Kita mungkin sering berkata Allah tidak mendengar doa-doaku. Aku selalu berdoa meminta pertolongan dan pimpinan Tuhan agar selalu melepaskan aku. Tetapi Allah tidak pernah menolong saya,". 

Tetapi sesungguhnya bukan Allah yang tidak mau menolong, tetapi mungkin ada yang salah dalam kehidupan kita. Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;  tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. 
Sebab tanganmu cemar oleh darah dan jarimu oleh kejahatan; mulutmu mengucapkan dusta, lidahmu menyebut-nyebut kecurangan. (yes59)

"Kadang kita seolah ada dalam gua singa"  

Roma 8:36-39 (TB)

36 Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan."  
37 Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.
38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,
39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Nero : cerita seorang yang tragis karena dituduh korupsi dan ahirnya di bunuh ,disiksa. Orang orang Kristen saat itupun mengalami penderitaan yang cukup berat karena dibakar waktu itu saat kerjaan Romawi. 

" Kondisi yang dialami oleh orang Kristen berubah sehingga Rasul Paulus menulis Roma 8".  Tantangan orang Kristen waktu itu adalah ancaman kematian, karena tidak menghormati dewa dewa mereka pada pemerintahan romawi.

Tetapi ada kemenangan orang percaya saat krisis, biarlah lewat kebenaran firman kita dimenangkan karena Allah kita melakukan banyak muzizat yaitu :
1.Allah di pihak kita , Yaitu pencipta langit biru. Allah yang dilihat kita  
2. "Siapa yang menggugat pilihan Allah," konteks paulus memberikan penegas; Tidak ada yang mampu menggugat pilihan Allah.
3.Anak Tuhan tidak bisa dipisahkan dari kasih Kristus

Segala sesuatu dalam kehidupan ini pasti terjadi. Kita tidak bisa menggeser atau memutar jarum jam agar bisa mengulang kembali. Hal itu telah digariskan oleh Allah, yaitu jika hingga saat ini kita bisa melewati hari hari kita semua karena  karena Allah, Tuhan Yesus Kristus selalu memberikan kekuatan iman dalam kehidupan orang percaya.

Ada jamahan atau lawatan Tuhan saat kita dihadapkan pada tantangan berat  Tetapi percayalah selalu Allah akan memberikan kekuatan baru bagi kita. 
 
Bacaan Alkitab :

2 Petrus 2:4-7 (TB)
4 Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman; 
5 dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh, pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain, ketika Ia mendatangkan air bah atas dunia orang-orang yang fasik; 
6 dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian, 
7 tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, --

Mazmur 119:92-96 (TB)
92 Sekiranya Taurat-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku. 
93 Untuk selama-lamanya aku tidak melupakan titah-titah-Mu, sebab dengan itu Engkau menghidupkan aku. 
94 Aku kepunyaan-Mu, selamatkanlah aku, sebab aku mencari titah-titah-Mu. 
95 Orang-orang fasik menantikan aku untuk membinasakan aku; tetapi aku hendak memperhatikan peringatan-peringatan-Mu. 
96 Aku melihat batas-batas kesempurnaan, tetapi perintah-Mu luas sekali.

Daniel 4:28-29, 33-37 (TB)
28 Semuanya itu terjadi atas raja Nebukadnezar; 
29 sebab setelah lewat dua belas bulan, ketika ia sedang berjalan-jalan di atas istana raja di Babel, 
33 Pada saat itu juga terlaksanalah perkataan itu atas Nebukadnezar, dan ia dihalau dari antara manusia dan makan rumput seperti lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai rambutnya menjadi panjang seperti bulu burung rajawali dan kukunya seperti kuku burung. 
34 Tetapi setelah lewat waktu yang ditentukan, aku, Nebukadnezar, menengadah ke langit, dan akal budiku kembali lagi kepadaku. Lalu aku memuji Yang Mahatinggi dan membesarkan dan memuliakan Yang Hidup kekal itu, karena kekuasaan-Nya ialah kekuasaan yang kekal dan kerajaan-Nya turun-temurun. 
35 Semua penduduk bumi dianggap remeh; Ia berbuat menurut kehendak-Nya terhadap bala tentara langit dan penduduk bumi; dan tidak ada seorang pun yang dapat menolak tangan-Nya dengan berkata kepada-Nya: "Apa yang Kaubuat?" 
36 Pada waktu akal budiku kembali kepadaku, kembalilah juga kepadaku kebesaran dan kemuliaanku untuk kemasyhuran kerajaanku. Para menteriku dan para pembesarku menjemput aku lagi; aku dikembalikan kepada kerajaanku, bahkan kemuliaan yang lebih besar dari dahulu diberikan kepadaku. 
37 Jadi sekarang aku, Nebukadnezar, memuji, meninggikan dan memuliakan Raja Sorga, yang segala perbuatan-Nya adalah benar dan jalan-jalan-Nya adalah adil, dan yang sanggup merendahkan mereka yang berlaku congkak.

Daniel 6:3-5 (TB)
3 (6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
4 (6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya. 
5 (6-6) Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!"

(Martin)

Postingan populer dari blog ini

BAMAG Gresik Bersinergi Dengan Pemerintah Bangun Kerukunan Umat Beragama

Teguran Yang Membangun

Ketuhanan Yesus sama sekali bukan hasil dari pemaksaan kaisar