Kematian Tuhan Yesus di Atas Kayu Salib Menyalamatkan Umat Manusia

Ditulis Oleh : Yordan Erthon Pardamean

MARILAH MAKAN ROTI DAN MINUM AIR KEHIDUPAN DENGAN CUMA2 ! TIDAK MEMBAYAR !

I. YESUS MENGGENAPI HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI .

Hukum Taurat dan Kitab para nabi itu tetap ada ! Tidak lenyap ! Tetap ada tulisannya karena bentuknya tertulis ! Tetapi , pemberlakuannya , ada masanya ! Yang mengatakannya Tuhan Yesus sendiri . Bukan saya ! 

"HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI BERLAKU SAMPAI KEPADA ZAMAN YOHANES ..."( LUKAS 16 : 16.a ; bandingkan dg Efesus 2 : 15.a  ) 
.
                   Baca Alkitab tiap hari 

Isi dari hukum Taurat dan Kitab para nabi itu adalah #aturan2 dan #berita2  !  Hukum Taurat itu sangat #kuat ; lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dalam hukum Taurat batal ( Lukas 16 : 17 ) .

Namun dalam bahasa figuratif paradoks , Tuhan Yesus mengatakan bahwa hukum Taurat dan Kitab para nabi itu ada masanya , hanya sampai kepada zaman Yohanes Pembabtis , yaitu masa awal diwartakannya Injil , Injil Kasih Karunia Allah ! 

Apakah maksudNya ? MaksudNya Ia datang utk #menggenapi semuanya ! ( Matius 5 : 17 ; Roma 10 : 4 ) .Aturan2 hukum yg tidak sanggup kita genapi , digenapi olehNya ! Berita2 di Perjanjian Lama , digenapi juga di dalam Dia ! 

Jadi mengapa hukum.Taurat ada masanya ? Jawabnya :" Kalau semua sudah digenapi oleh Tuhan Yesus ! Kalau penggenapan itu sudah #terjadi. ( lihat Matius 5 : 18 , penekanan pada frasa " #sebelum_semuanya_terjadi ).

Jadi ketika Yesus menggenapi semuanya di kayu salib , itu berkaitan dengan anak kalimat " sebelum semuanya terjadi " pada Matius 5 : 18 ! Semuanya sudah terjadi pada zaman kasih karunia ! 

Itulah dasar dari surat rasul Paulus berikut di bawah ini :

"SEBAB DENGAN KEMATIAN-NYA SEBAGAI MANUSIA, IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT DENGAN SEGALA PERINTAH DAN KETETAPAN NYA,....... " ( EFESUS 2 : 15a ) 

Maksud teks di atas adalah bahwa keselamatan kita tidak tergantung kepada hukum Taurat,  melainkan pada darah Yesus yang telah tumpah di kayu salib! 

II. MINUM AIR KEHIDUPAN 
    DENGAN CUMA2

Gambaran atau bayangan Kristus bertebaran dalam Kitab Perjanjian Lama . Itu sebabnya tanpa Kitab Perjanjian Lama, kita tidak bisa memahami isi Kitab Perjanjian Baru. 

Firman Tuhan yg disampaikan pada (Deutero) Yesaya sekitar 550 tahun sebelum Kristus , mengatakan : 

" AYO , HAI SEMUA ORANG  YANG HAUS , MARILAH DAN MINUMLAH AIR , DAN HAI ORANG YANG TIDAK MEMPUNYAI UANG , MARILAH ..." ( YESAYA 55 : 1.a ) .

Dengan pembacaan theological cannonnical reading , teks di atas digenapi , yaitu undangan Yesus Sang Juruselamat , untuk minum air kehidupan , tidak bayar ! Cuma2 ! Sebab Yesus adalah air kehidupan itu ( Yohanes 4 : 14 ).

" ...SEMUANYA SUDAH TERJADI . AKU ADALAH ALFA DAN OMEGA , YANG AWAL DAN YANG AKHIR . ORANG YANG HAUS AKAN KU BERI MINUM DENGAN CUMA2 DARI MATA AIR KEHIDUPAN ." ( WAHYU 21 : 6

Terima saudara ! Terima air kehidupan itu ! Terima dengan cuma2 ! Responi undangan Juruselamat kita dengan iman !  Kita selamat ! 

III. MAKAN ROTI KEHIDUPAN
    DAN MINUM AIR KEHIDUPAN
    DENGAN  CUMA2 ! 

Melalui (Deutero) Yesaya juga disampaikan firman Allah ini:

"TERIMALAH GANDUM TANPA UANG PEMBELI DAN MAKANLAH , JUGA ANGGUR DAN SUSU TANPA BAYARAN ." ( YESAYA 55 : 1.b ) 

Teks di di atas digenapi dlm Kristus ! Gandum melambangkan roti kehidupan ! Anggur dan susu melambangkan air kehidupan, dalam kasih karunia Allah  ! Jadi , Yesus adalah roti kehidupan sekaligus air kehidupan  ! 

" ...AKULAH ROTI HIDUP ; BARANG SIAPA DATANG KEPADAKU , IA TIDAK AKAN LAPAR LAGI DAN BARANG SIAPA PERCAYA KEPADAKU , IA TIDAK AKAN HAUS LAGI ." ( YOHANES 6 : 35 ) .

Yesus mengundang kita ! Mari kita penuhi undanganNya ! Jangan bawa uang ! Jangan bawa apa2 utk membayar ! 

"...MARILAH ! DAN BARANG SIAPA YANG MAU , HENDAKLAH IA MENGAMBIL AIR KEHIDUPAN DENGAN CUMA2 !" ( WAHYU 22 : 17.b)

Ayo datang pada Yesus saudara ! Terima keselamatan dari Dia ! Jangan pikir panjang ! Dia yang berfirman , Tuhan dan Juruselamat kita ! Rugi besar kalau kita datang memenuhi undanganNya ! Tidak bayar ! 

IV. JANGAN USAHA SENDIRI 
      DENGAN SIA2 ! 

Melalui (Deutero) Yesaya Tuhan juga memperingatkan pemberian cuma2 dari Allah jangan ditukar dengan usaha manusia yang sia2 ! 

" MENGAPAKAH KAMU BELANJAKAN UANG UNTUK SESUATU YANG BUKAN ROTI DAN UPAH JERIH PAYAHMU UNTUK SESUATU YANG TIDAK MENGENYANGKAN ? ..." ( YESAYA 55 : 2.a ) 

Berhenti berusaha saudara ! Air dan roti diberikan cuma2 ! Tidak membayar !  Mengapa kita  harus berusaha membeli "sesuatu" yang bukan roti ? Itu artinya usaha kita hanya mendapatkan "roti palsu " ! Bukan saya yang omong ! Tetapi Alkitab . Mengapa kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang #bukan_roti ?

Teks di atas digenapi oleh Yesus dalam teks di bawah ini :

#...ITU BUKAN HASIL USAHAMU , TETAPI PEMBERIAN ALLAH ,  ITU BUKAN HASIL PEKERJAANMU ; JANGAN ADA ORANG YANG MEMEGAHKAN DIRI ." ( EFESUS 2 : 9 ) .

Jangan sampai kita memegahkan diri , se akan2 kita diselamatkan karena usaha kita , karena kebaikan kita , karena perjuangan kita , karena pelayanan  kita , karena ibadah kita dan lain sebagainya yg datang dari pihak manusia !

 Frasa kata " diselamatkan " dlm Efesus 2 : 8 , berasal dari kata Yunani #seswsmenoi dlm bentuk kata kerja perfek pasif partisip  ! Artinya : kita #sudah  diselamatkan , rampung , tak perlu pengulangan , dg hasil positif dan pasti . ( band dg terjemahan NKJV :" ...you have been saved ... ) .

V. KONKLUSI 

Keselamatan kita datang dari pihak Allah ! Bukan dari pihak manusia dg segala jerih payahnya ! Yaitu kasih karunia yang telah membenarkan kita dg cuma2 melalui darah Yesus Kristus ! ( Roma 3 : 24 ; Roma 5 : 9  )

Keselamatan itu sendiri , yg dilambangkan dg roti dan air kehidupan diberikan kepada kita secara cuma2 ! Tidak membayar apa2 ! Gratis ! Artinya #tanpa syarat (non conditional).

Segala kebaikan kita , pelayanan kita , ibadah kita dan apa saja yang baik  yang  memang harus kita kerjakan, hanyalah buah dari keselamatan yg sudah kita terima ! ( Roma 8 : 1 -2 band dg Galatia 5 : 13 - 23 ) .Bukan syarat keselamatan ! Sebab keselamatan diberikan dg cuma2 , tanpa syarat ! Ini bukan kata saya ! Kata firman Allah ! 

Dengan mengaku bahwa kita diselamatkan se-mata2 karena kasih karunia Allah, kita telah memuliakan Dia dan tidak mencuri kemuliaanNya ! 

Saudara mau menerima roti dan air kehidupan dg cuma2 ? Atau mau usaha sendiri ? Mau dapat "roti palsu "? Jangan saudara !

Mari kita datang pada Tuhan Yesus ! Dia yang memberi kita makan dan minum roti dan air kehidupan dengan gratis ! Oh puji Tuhan ! Soli Deo gloria ! Kemuliaan hanya untuk Allah saja! Amen !.


Postingan populer dari blog ini

Teguran Yang Membangun

Ketuhanan Yesus sama sekali bukan hasil dari pemaksaan kaisar